Pengikut

Senin, 15 Oktober 2012

PSIKOLOG-LOVE YOUR BODY

Begitu melihat diri di kaca, rasanya ada aja yang kurang dari tubuh kita. Badan gemuk lah, kulit yang terlalu gelap, atau terlalu putih lah. Belum lagi ada jerawat di daerah muka. uhhhhh.. susah rasanya untuk TIDAK COMPLAIN dengan apa yang dimiliki tubuh kita.


MENGELUH ITU WAJAR 
         Sebenarnya mengeluh tentang tubuh sendiri itu wajar dilakukan oleh semua cewek, iya kan guys?#para cewek loh yaa hehe. Apalgi cewek biasanya suka membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Melihat cewek yang lebih cantik, sedikit banyak membuat rasa percaya diri kita turun dan mulai mengeluh soal tubuh kita. kalau menurut Denise Witmer, penulis dan konsultan di organisasi Masonic Childrens Home USA hal ini disebabkan body image yang terbentuk dalam pikiran kita. Body Image  adalah persepsi seseorang akan penampilan tubuhnya.
             Nahh, body image kita bisa berubah-ubah karena dipengaruhi banyak faktor. Menurut DM Garner dan PE Garfinkel, penulis buku The Handboook of Treatment for Eating Disorders, pengaruh paling besar bagi terbentuknya body image seseorang berasal dari :
1. LINGKUNGAN SOSIAL. Tekanan dari orang-orang sekitar kita (peer presure) bisa membentuk body image tertentu dalam pikiran kita. Misalnya nih guys, orangtua menyuruh kita agar memiliki rambut panjang, pacar#ciyee# meminta kita untuk lebih feminin, dan sobat segeng-in the geng lahh pokonya memaksa kita tampil super kurus. Akhirnya, mau nggak mau kita merasa seperti itulah image tubuh yang cantik.
2. MEDIA. Well well, memnag sudah rahasia umum kalau media berperan besar mempengaruhi body image masyarakat luas. Mulai dari tampilan iklan yang menawarkan produk kecantikan untuk mendapatkan tubuh langsing, dan kulit putih, sampai menampilkan model dan artis yang memiliki tubuh"sempurna"

         Melihat begitu banyak tekanan dari sekeliling, maka wajar dong ya kalau terkadang kita mengeluh tentang tubuh sendiri. Itu berarti body image kitasedang negatif. Taaaaaaapi, begitu kita sadar bahwa tubuh juga punya kelebihan, percaya diri kita pun tumbuh lagi guyyys.

MULAI BERBAHAYA KALAU.......
   Keluhan kita tentang tubuh yang tidak sempurna itu bisa menjadi bahaya kalau kita nggak bisa mengontrolnya. Apalagi kalau sampai melakukan tindakan seperti di bawah ini :

  • TERUS-MENERUS MENGELUH. Bahkan nggak melihat situasi atau mempedulikan perasaan orang lain. Misalnya, mengeluh soal tubuh kita menggemuk di depan kita yang badannya lebih gemuk.
  • RENDAH DIRI. Merasa tubuh kita nggak cukup baik sehingga membuat kita jadi rendah diri dan pemalu. Kita jadi malas berteman karena merasa kurang cantik. Atau atau menyerah untuk mengejar sang gebetan karena merasa nggak punya"modal".
  • MENGABAIKAN HAL PENTING LAINNYA. Karena fokus teyus sama bentuk tubuh, kita jadi mengabaikan hal-hal lain yang lebih penting. Seperti mengasah bakat agarbisa berprestasi atau membangkitkan inner beauty agar disukai banyak orang.
  • OBSESI BERLEBIHAN. Karena terobsesi tampil lebih cantik kita rela menjadi obyek percobaan segala macam prosuk kecantikan yang belum tentu sehat. Selain itu keinginan untuk langsing membuat kita rawan terkena penyakit eating disorder.
BERDAMAI DENGAN TUBUH SENDIRI
        Kalau kita merasa sudah terlalu sering mengeluh soal tubuh, sekarang saatnya kita untuk membangkitkan lagi rasa cinta kepada tubuh kita. Kalau bukan diri sendiri, siapa lagi yang bisa mencintai tubuh kita? Rita Freeman, Ph.D. penulis buku Body Love: Leaning to Like Our Looks and Ourselves memberikan beberapa tip nihh:
  1. Belajar untuk memahami bahwa nggak ada seorang pun yang memiliki tubuh sempurna. Karena bentuk tubuh setiap orang memang berbeda-beda. Ada lho guys yang menganggap tubuh curvy itu seksi dan pendek itu imut.
  2. Coba lihat setiap anggota tubuh kita sebagai satu kesatuan bukan bagian yang terpisah-pisah. Misalnya, lihatlah hidung, mata dan bibir kita sebagai satu kesatuan dari wajah.  Jadi, kita akan merasa bahwa bibir kita yang tipis ternyata cocok jika digabung denfan hidung kita yang mungil.
  3. Ketika membaca rubrik fashion di majalah, jangan hanya terpaku melihat para modelnya yang kurus. Tapi, fokus mencari tip tentang cara mix & match baju yang pas untuk ukuran tubuh kita.
  4. Sadarilah bahwa kita telah membuang waktu dengan percuma hanya untuk memikirkan dan mengeluh masalah penampilan. Lebih baik waktu itu kita gunakan untuk hal lain yang lebih penting seperti mengasah otak, bakat, pengetahuan dan yang lebih penting inner beauty kita.
  5. Lihatlah ke sekeliling kita dan bersyukurlah atas apa yang kita miliki. Masih banyak, lho, orang yang tidak seberuntung kita. Kita sibuk memikirkan kai yang kurang panjang, padahal masih banyak orang yang bahkan nggak bisa jalan sama sekali.
  6. Putuskan mana yang lebih penting? Mengejar kesempurnaan atau mengejar kebahagiaan hisup ? Jika kita memang ingin bahgia, pikirkan saja hal-hal yang bikin kita senang dan membuat hidup kita lebih bermakna.#ciyeee
  7. Setelah berdamai dengan tubuh sendiri, kita pastikan  kalau orang-orang sekitar mendukung. Ketika ortu, pacar atau sobat mulai komentar tentang tubuh kita, katakan pada mereka bahwa kita sudah merasa nyaman dengan tubuh kitaa.
AAAAAAAH AKHIRNYA selesai juga ngasih info kepada para gadis dan remajaaa, cape punggung cape tangan mengetik aduuuuuuuh, BUT  gue seneng bisa share pengetahuan gue hehehe. dan semoga bermanffat bagi gue dan teman-teman lainnya . AMIN  Okee byeee,
Assalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar