Pengikut

Sabtu, 29 September 2012

Gadget dan Kesehatan

Siapa sih yang bisa lepas dari handphone, laptop, atau music player? rasanya makin hari kita makin tergantung sama beberapa gadget canggih ini. Tapi guys di balik fungsinya yang banyak banget, gadget pun menyimpan berbagai bahaya, lho. So kita harus pintar-pintar menyiasatinya demi kesehatan.





   
 Kenapa bisa mengggangu kesehatan? Karena hampir seluruh gadget modem menghasilkan gelombang elektromagnetik (EMF), termasuk di dalamnya semua gadget yang menggunakan sumber listrik atau baterai. "Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan serta radiasi dari gadget tersebut dapat membahayakan kesehatan apabila dipergunakan dalam waktu serta frekuensi pemakaian yang sering,"demikian penjelasan dr. Arya Widiana, Dokter Teladan se-Kabupaten Badung (Bali) tahun 2009.
       Jadi guys, perhatikan beberapa tip berikut saat kita sedang asyik dengan gadget kesayangan, yaaaaaa.

  LAPTOP


  • Bila ruang gerak tubuh kita lebih luas, gunakan mouse atau keyboard dari PC biasa saat mengerjakan tugas selama berjam-jam. Hal ini untuk menghindari bagian tubuh menjadi kaku, karena ruang gerak yang sempit.
  • Hindari bekerja menggunakan laptop dengan posisi dipaha. Karena kebiasaan ini bisa menyebabkan "sindrom kulit terbakar". Menurut Salkey, AsistenProfesor Dermatolog di Eastern Virginia Medical School, kalau dilihat melalui mikroskop, kondisi kulit yang terbakar karena panasnya baterai laptop ini mirip seperti kulit yang terbakar matahari. Nah, lo !!
  • Jangan menggunakan laptop dengan posisi tengkurap, karena akan menyebabkan sakit pada punggung bagian atasdan pergelangan tangan.
  • Kalau kita menggunakan netbook yang layarnya lebih kecil dari laptop biasa, gantilah ukuran font teks dengan ukuran yang lebih besar dan mudah di baca. Untuk menghindari mata cepat lelah dan sakit.
  • Carilah kursi yang memungkinkan kita bersandar sedikit untuk menghindari ketegangan pada leher. Posisikan layar laptop sedikit ke atas supaya kita bisa melihat layar tanpa harus menekuk leher terlalu dalam.

          TELEPON GENGGAM
  • Jangan ngobrol lama menggunakan telepon genggam. Menurut Dr. Geoege Carlo, kepala ilmuwan di sebuah industri telepon genggam di Amerika Serikat, penggunaan telepon genggam selama 2 menit saja sudah menunjukkan perubahan aktivitas elektrik alami dalam otak hingga satu jam!!!
  • Hindari menggunakan headset yang dihubungkan pada telepon genggam. Headset yang berfungsi sebagai antena ini bisa menarik medan elektromagnetik atau radiasi dan memusatkannya dalam telinga.
  • Hindari menggunakan telepon genggam di ruangan tertutup di ruangan tertutup yang sebagian besar berbahan logam, seperti dalam lift dan mobil. Karena logam tersebut bertindak sebagai 'sangkar' gelombang Faraday yang menangkap radiasi dan memantulkannya kembali pada si pengguna telepon genggam!!!
  • Hobi texting (SMS atau BBM) kita juga ternyata berbahaya, lhooo. Karena bisa melemahkan ibu kari kita dan menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injury), yaitu cedera akibat tekanan berulang. Jadi pilihlah keypad yang empuk dan gunakan jari secara bergantian untuk mengetik pesan.
  • Matikan telepon genggam di malam hari karena gelombang elektromagnetiknya bisa membuat sakit kepaladan sulit tertidur loh guys.
         WI-FI (WIRELESS FIDELITY)
  • Ternyata teknologi wi-fi untuk jaringan internet mengirimkan radiasi magnetik sebanyak 35 mili-wattsampai 200 mili-watt yang cukup kuat untuk memicu pertumbuhan sel tubuh. Bahkan internet kecepatan tinggi yang menggunakan teknologi wi-fi ini bisa meningkatkan suhu tubuh sebanyak 1 derajat. Inilah penyebab kita kurang konsentrasi dan merasa mual serta pusing.
  • Batasi paparan frekuensi wireless di rumah. Selalu matikan router saat sudah nggak menggunakannya lagi, terutama saat kita tidur di malam hari ya guys.

Ayo guys, sayangi kesehatan tubuh kita jangan Gadget aja yang di sayangin sampe lupa kesehatan. okay okay

          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar